Pralingga Ida Batara 'Kalinggihang' di Pesamuan

Pralingga dan pratima Ida Batara, Jumat (20/3) kemarin sekitar pukul 16.00 wita katuur dan katedunang serta kairing malinggih di balai pesamuan di belakang Padma Tiga Pura Penataran Agung Besakih. Prosesi nedunang pralingga Ida Batara ini dihadiri ratusan umat, terutama dari kalangan pejabat dan mantan pejabat.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika serta istri Nyonya Ayu Pastika, mantan Gubernur Bali Dewa Made Beratha tampak hadir, selain Sekprov Bali Nyoman Yasa serta sejumlah pejabat bupati selaku pangempon pura seperti Bupati Gianyar Cokorda Ardhana Sukawati, Bupati Klungkung Wayan Candra, Bupati Karangasem Wayan Geredeg, serta pejabat lainnya. Prosesi ini berjalan lancar, karena cuaca cerah, sementara sebelumnya sempat turun hujan lebat.

Hampir di tiap palebahan pura di kompleks Pura Besakih digelar persembahyangan. Puluhan warga keturunan Tionghoa juga menggelar persembahyangan di Pura Ratu Bagus Subandar yang terletak di pojok timur atas Pura Penataran Agung. Sementara ratusan wisatawan domestik dan asing memanfaatkan momen penting sepuluh tahunan itu untuk melihat dan mengabadikan prosesi itu.

Setelah semua pralingga tedun di mana Sabtu (21/3) sekitar pukul 10.00 pagi ini bakal kairing mamargi melasti ke Pura Segara Watu Klotok, Klungkung. Iring-iringan pamelastian ini diperkirakan mencapai lima kilometer.

Guna melancarkan pamargin Ida Batara melasti, operasi ribuan truk galian C pada hari itu distop sementara. Sedangkan warga pengguna jalan raya di jalur pamargi melasti Ida Batara diminta yasa kerti-nya guna menghindari kemacetan dengan mengambil jalan jurusan lainnya di samping tertib berlalu lintas. (013)
Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us