Misteri Beji Telebus Dukuh Kerambitan

Beji Telebusan Ida Bhatara tidak hanya sakral, tapi memberikan berbagai kemurahan. Di antaranya memberikan keselamatan pelaksanaan upacara bagi warga di sana, tirtanya memperlancar proses melahirkan dan ASI untuk bayi, serta paica-paica lainnya. Semua itu berkat kemurahan Ratu Biang Sakti.

Pembaca Bali Aga yang budiman, setelah lama melacak tempat-tempat bertuah di Bali, yang bermanfaat bagi kehidupan, ternyata terkabulkan. Berkat informasi dari seorang sulinggih yang kebetulan pasramannya berdekatan. Tempat itu ternyata penuh misteri. Namanya Beji Telebusan. Untuk lebih jelasnya, baiklah diceritakan keberadaan lokasi yang tersembunyi tersebut.

Lokasi memang tidak sulit untuk ditemukan, hanya saja sedikit tersembunyi. Guna menemukan Beji Telebusan ini tidak perlu tantangan, begitu juga jalannya tidak begitu sulit. Lokasinya ada di Banjar Kukuh Kelod, Desa Kukuh, Kerambitan, Tabanan. Kalau ingin menemukan telebusan ini diharapkan bertanya saja kepada krama sekitarnya. Tapi lebih jelasnya, jalan menuju lokasi ada patokan, yaitu jalan menuju SMAN Krambitan ke arah selatan. Dari arah timur lihat saja papan SMA Krambitan.

Setelah beberapa meter, kurang lebih 400 meter, akan ditemukan papan nama Asram Cri Widya Kahuripan ke timur. Jalan ini adalah gang yang lebih leluasa bisa dikendarai sepeda motor. Jaraknya dari jalan utama jurusan Denpasar Gilimanuk, tepatnya di pertigaan Desa Samsam, belok kiri, kurang lebih 5 km raknya. itulah sedikit gambaran guna menemukan lokasi tersebut. Di sana ditemukan dua sumber air. Satunya ada di sebelah kiri (utaranya) sejenis bulakan. Sedangkan di pinggir sungai yang disebut Tukad Yeh Abe terdapat tempat air seperti sumur. Air tersebutlah yang dimanfaatkan untuk keperluan sesuai dengan keinginan.

Sekarang marilah diuraikan keunikan Beji Telebusan yang sangat diyakini mempunyai nuansa misteri. Diceritakan dari seorang warga yang kebetulan menyelenggarakan upacara besar di keluarga. Warga tersebut rumahnya dekat dengan lokasi telebusan. Dia cerita, lokasi di bawah memberikan berbagai manfaat bagi manusia yang memerlukan pertolongan”.

Bahkan lokasi itu dikatakan tidak boleh diperlakukan sembarangan. Menurut warga yang enggan disebutkan namanya, setiap warga di sini (khususnya), tidak lengkap bahkan tidak berani kalau tidak ngaturang upakara di palinggih tersebut. Memang benar di lokasi tersebut ada dua palinggih. Yang satu disengker dengan tembok, sementara satu lagi ada di luar tembok.

Di palinggih itu ditemukan upakara sebagai pertanda sering terjadi komunikasi antara pemohon dengan Ida Bhatara. Ada yang sudah lama, dan masih dalam kondisi segar. Ditemukan juga sarana upakara jangkep, kalau dilihat sekilas adalah persembahan kepada penghuni lokasi tersebut.

Menurut Ida Pandita Mpu Dukuh Jaya Prateka, membenarkan adanya misteri beji telebusan tersebut. “Cening apang uning kemanten, kalau ada warga yang menyelenggarakan upacara, sama sekali warga tidak berani tanpa menghaturkan upakara di tempat itu. Upakara di tempat itu menjadi suatu keharusan, kalau orang itu karyanya mau sukses atau tanpa gangguan,” ungkap Pandita dengan serius. Perlakuan ini bukan main-main, begitulah secara terus menerus, tidak ada orang yang berani melalaikan. Kalau upakara ini diabaikan di beji tersebut, upacara akan boros (koos).

Sebelum menghaturkan upakara di lokasi itu, yang punya upacara tidak akan merasa tenang. Pandita Mpu yang tinggal di Asram Cri Widya Kahuripan yang jaraknya hanya beberapa meter dengan lokasi Beji, menceritakan secara detailnya. Walaupun Pandita jarang ke sana, bahkan tidak tahu menahu, ternyata linggih Ida Bhatara Ratu Biang Sakti. Beliau yang memberikan berbagai panugran di lokasi tersebut. Sehingga banyak orang-orang berdatangan.

“Secara bawos belum pernah muncul, ini hanya berasal dari pengalaman saja. Banyak orang yang bercerita kepada Bapa masalah beji tersebut,” ujar Pandita dengan tenang. Bahkan, menurut keyakinan warga di sini, sumur ini disebut-sebut sumur Ida Bhatara. Sementara yang malingga di sana ialah Ratu Biang Sakti.

Sumber : http://baliaga-niskala.blogspot.com/
Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us