Pengertian Penyajaan Penampahan dan Rahinan

Sama dengan setiap hari raya besar di Bali pasti ada tiga tahap hari. Yaitu hari Penyajaan, hari Penampahan dan hari Rainan. Inipun melambangkan tiga tahap dalam penyempurnaan diri, tiga tahap dalam penyucian diri.

Penyajaan berasal dari kata saja. Saja artinya tahap meyakinkan diri, tahap berjanji kepada diri sendiri untuk melangkah menuju pencerahan diri. Saja atau Penyajaan adalah sebuah proses atau periode meyakinkan diri yang cukup lama. Jika tekad itu sudah bulat barulah akan melangkah ke periode selanjutnya yaitu Penampahan.

Penampahan adalah proses pemotongan atau pembunuhan sifat-sifat hewani atau sifat-sifat kebinatangan dalam diri. Bukan menyemblih hewan-hewan kurban yang tak berdosa. Periode ini dijalani dengan Tapa Brata, dengan proses penyangkalan diri. Jika periode ini sudah terlewati maka barulah menemukan Rainan.

Rainan artinya hari terang, hari pencerahan hari perayaan. Hari dimana rahasia kehidupan sudah diketahui tanpa membaca tanpa melihat. Tetapi dirasakan dan diketahui.

Itulah pesan yang tersirat pada setiap hari- hari raya besar di Bali. Bahwa jalan kesempurnaan harus melewati tahap-tahap itu. Perayaan dan peringatan itu dibuat agar pesan suci ini tetap abadi pada semeton krama Bali sepanjang zaman. Siapa yang dapat menangkap maknanya dan siapa yang melaksanakan atau yang menjalani akan menemukan kebebasan, kebahagiaan,. Dan siapa yang belum tidak masalah. Tidak ada pemaksaan, tidak ada keharusan. Kesadaran akan tetap menunggu dengan sabar, sesabar seorang ibu menunggu anaknya. Kesadaran menunggu bukan terbatas dalam hidup yang singkat ini, tapi kesadaran menunggu dalam ribuan kali reinkarnasi. Seperti pesan Krisna kepada Arjuna “ Kapanpun kau akan berpaling kepadaku, maka pintuku akan tetap terbuka”. penulis
Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us