Upacara Danu Kertih di Batur Bangli Bali

Ribuan umat hindu Jumat 11 Desember 2009 ngaturang ayah terkait upacara pamelaspasan, macaru Rsi Gana serta mendem padagingan di Meru Tumpang 11 di Pura Jati - Segara Danau Batur Kabupaten Bangli. Pamelaspasan Meru ini menyongsong Karya Agung Labuh Gentuh, Mendak Toya, Pakelem di Segara Danau Batur serta Puncak Gunung Batur (Danu Kertih) di Pura Ulun Danu Batur- Desa Adat Batur yang akan diselenggarakan pada tanggal 16 Desember 2009 mendatang.

Upacara pamelaspasan di-puput Ida Pedanda Gede Putra Bajing dari Griya Telabah Denpasar serta Ida Pedanda Gede Putu Kediri dari Griya Selat Bangli.

Jero Gede Batur Alitan mengatakan, mendem padagingan serta melaspas Meru Tumpang 11 di Pura Segara Danu Batur dilakukan sebagai persiapan lanjutan menjelang karya agung labuh gentuh.

Selain melaspas Meru Tumpang 11, juga dilakukan pamelaspasan panyengker dan candi bentar pelinggih. Sebelum upacara pamelaspas digelar upacara Resi Gana dan mendem padagingan yang seluruh rangkaian kegiatannya diiukuti oleh krama baik Desa Adat Batur maupun pemedek lainnya. Sehari setelah melaspas rangkaian upacara akan dilanjutkan dengan nedunang Ida Batara.
Admin
Admin Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web kami (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us