Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pura Pengayengan Tangkas di Lombok NTB

Om Swastyastu,

Om Awighnamastu Namosiddham, Terlebih dahulu, Titiang haturkan pangaksama mohon maaf sebesar - besarnya ke hadapan Ida Hyang Parama Kawi - Tuhan Yang Maha Esa serta Batara -Batari Junjungan dan Leluhur Sinamian. Semoga kami terlepas dari kutuk dan neraka.


Pare Semeton Arya Tangkas Kori Agung, dimanapun berada. Titiang permaklumkan bahwa titiang mewakili Semeton Warga Prethisentana Arya Tangkas Kori Agung yang berdomisili di Mataram - Lombok dan sekitarnya, dengan ini menyampaikan salam dan informasi bahwa di Lombok tepatnya di kota Mataram Semeton Tangkas saat ini sudah mencapai kurang lebih 1.000 Kepala Keluarga yang tersebar di seputaran Kota Mataram, maupun di Kabupaten Lombok Barat sampai ke Lombok Tengah.


Atas Prakarsa para Pengelingsir Semeton Dadya Tangkas khususnya yang berada di Karang Medain, berhasil mendirikan atau membangun Pura Pengayengan Tangkas sebagai sarana pemujaan leluhur / bhatara kawitan, yang pembangunannya diawali pertama kali pada tahun 1978. Namun keadaan bangunannya pada awal pendiriannya sangat sederhana.


Kemudian sejak bulan September 2007 yang lalu, secara bertahap telah dilakukan renovasi. Program ini juga telah sampaikan kepada Pengelingsir / Pengurus Pusat Prethisentana Tangkas (Bapak I Wayan Geredeg SH), dan sampai saat ini sedang renovasi tahap ke-II yaitu pembangunan Kori Agung dan Candi Bentar.


Seiring dengan Proses Pembangunan Pura Pengayengan Tangkas ini, sudah barang tentu ada kendala yang dihadapi, karena minimnya dana saat ini pelaksanaan program renovasi berjalan tersendat.


Untuk memperlancar Proses Pembangunan Pura, kami memerlukan dukungan secara Moral maupun Material kepada Umat Sedharma maupun Semetonan Prethisentana untuk melanjutkan Yadnya Karya penyediaan sarana peribadatan yang layak sebagai wadah pemersatu warga yang ada di lombok, yaitu salah satunya adalah dengan pembangunan Pura pengayengan ini.

Bagi Umat Sedharma maupun Semetonan Prethisentana yang ingin beryadya silahkan menghubungi Ketua Panitia Karya yang tertera di akhir tulisan ini. Semoga niat baik Umat Sedharma mendapatkan Waranugraha dari Ida Sanghyang Widhi – Tuhan Yang Maha Esa.


Om, Santih, santih, santih, Om



Ketua Panitia Pembangunan Pura Tangkas Mataram Lombok

I Komang Rupadha


Rumah :

Jl. HOS Cokroaminoto

Gg. Melati No. 2 Mataram

Lombok – Nusa Tenggara Barat

Telp. 0370 638737

HP: 08179799526

E-mail: k_rupadha@yahoo.com.


Kantor

Perpustakaan Pusat Universitas Mataram

Jl. Majapahit No. 62 Mataram

Lombok – Nusa Tenggara Barat


Rekening Punia

Bank BNI Cab Mataram

No. Rekening. : 0123672349

Atas Nama : I Komang Rupadha (Panitia Karya)