Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Daya Tarik Pantai Pandawa Bali

pantai-pandawa
Pantai Pandawa Bali

 Pantai Pandawa adalah satu diantara pantai yang populer di Bali. Seperti kita kenali, Bali adalah pulau selebar 5.000 km persegi dengan daya tarik alam sebagai simbol rekreasi Indonesia yang populer di dunia.

Rekreasi pantai memang jadi favorite beberapa wisatawan yang liburan ke Bali. Ada banyak sekali pantai dengan panorama alam dan rutinitas rekreasi yang membahagiakan di Bali. Diantaranya ialah Pantai Pandawa.

Pantai ini jadi salah satunya spot rekreasi di Bali yang sayang untuk dilewati waktu Anda liburan ke ‘Pulau Dewata'. Jadi sempatkan diri ke sini sesudah main watersport Tanjung Benoa ya..

Posisi Pantai Pandawa

Posisi Pantai Pandawa berada di Dusun Kutuh, Kuta Selatan, Kab. Badung, Prov. Bali. Pantai yang menyajikan pemandangan laut biru dan bentangan pasir putih yang cantik ini tidak kalah memikat dengan rekreasi beberapa pantai yang lain yang berada di Bali.

Posisinya yang terselinap dan jalan masuk ke arah posisi dijepit dua tebing batu sempat membuat pantai Pandawa dikatakan sebagai pantai rahasia "The Secret Beach", satu tempat rekreasi dengan situasi yang tenang dan belum demikian ramai seperti biasanya rekreasi pantai di Bali. Tetapi sekarang, karena acara FTV pantai ini makin dikenali dan terus ramai pengunjung.

Arah ke Pantai Pandawa

Akses ke arah ke sini sangatlah gampang, jaraknya cuman seputar 18 km dari Lapangan terbang Internasional Ngurah Rai dan bisa dilakukan sepanjang lebih kurang 1 jam perjalanan berkendara.

Sedang jaraknya dari pusat perkotaan Denpasar seputar 27 km, Anda dapat ke arah sini dari Denpasar dengan lewat lajur tol Bali Mandara.

Sayang, belum ada angkutan umum langsung ke arah posisi Pantai Pandawa. Tetapi, Anda masih bisa ke arah pantai ini dengan beberapa opsi transportasi seperti bis pariwisata, layanan persewaan/sewa memakai taksi, atau mobil.

8 Daya Tarik Rekreasi Pantai Pandawa Bali

Untuk ke arah tempat ini, dikenai harga ticket masuk Pantai Pandawa: Rp 8.000 untuk pelancong lokal, dan Rp 15.000 untuk pelancong mancanegara. Sedang untuk parkirkan, dikenai harga Rp 5 ribu/mobil dan Rp 2 ribu/motor. Kecuali santai dan nikmati panorama alam yang cantik, di sini pengunjung dapat lakukan bermacam rutinitas rekreasi yang memikat, diantaranya:

1. Berenang dan Nikmati Keelokan Pantai dengan Bebas

Keelokannya tak perlu disangsikan lagi. Air lautnya yang jernih, pasir putihnya yang bersih, dan ombaknya yang relatif tenang jadikan tempat ini cukup aman untuk rutinitas berenang di pinggir laut.

Menariknya kembali, pantai ini termasuk sepi dan belum demikian dipadati pengunjung hingga Anda bisa berenang sepuasnya lebih leluasa.

2. Bergaya dengan Latar Patung Lima Ksatria Pandawa

Posisinya yang berada dibalik tebing kuat membuat pemandangan alam di Pantai ini nampak benar-benar eksotis. Kecuali rekreasi alam, faksi pengurus masukkan elemen budaya di pantai ini dengan menempatkan lima buah patung Ksatria Pandawa antara dinding-dinding tebing.

Anda dapat berpose atau selfie dengan latar patung Ksatria Pandawa seperti Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula, dan Sadewa.

Ke-5 patung Ksatria Pandawa dipercayai selaku "penjaga" pantai yang akan membuat perlindungan wilayah sekelilingnya dari petaka. Patung itu dibuat dengan cantik oleh beberapa seniman pemahat asli Bali.

Masih di posisi yang serupa, ada patung Dewi Kunti yang disebut ibu dari ke-5 Ksatria Pandawa. Seluruh patung itu dibuat setinggi 5 mtr. dan berjejer menghadap ke pantai.

3. Berjemur dan Santai di Pinggiran Pantai 

Pengunjung dapat santai atau berjemur di pinggir pantai. Ada beberapa layanan persewaan bangku komplet dan payung lebar pada harga dapat dijangkau di Pantai Pandawa. Umumnya ada disamping kanan pantai, coba ke arah sisi itu jika pengin sewanya.

4. Berkeliling-keliling Pantai Memakai Kano

Bukan hanya berenang, berpose atau santai di pinggir pantai, Anda dapat bermain kano di Pantai Pandawa. Tersedia banyak layanan persewaan kano di seputar posisi pantai.

Biaya kontraknya juga cukup dapat dijangkau, untuk kano memiliki satu orang, Anda bisa sewa dengan biaya Rp 25 ribu per jam. Sesaat kano memiliki dua orang bisa dicarter dengan biaya Rp 50 ribu per jam.

Kano di Pantai Pandawa Puaskan diri Anda untuk berkeliling-keliling dan nikmati cantiknya laut biru dengan latar tebing kapur yang istimewa memakai kano. Untuk berjaga-jaga, Anda pun akan diperlengkapi dengan sarana jaket pelampung selaku alat keselamatan jika kano kebalik.

5. Bermain Paralayang dari Atas Bukit Timbis

Untuk Anda yang pengin memicu adrenalin dengan nikmati keelokan Pantai Pandawa di atas ketinggian, silakan coba rutinitas paragliding (paralayang) di atas Bukit Timbis.

Anda bisa "terbang" dan nikmati keelokan Pantai di atas ketinggian dengan watak tebing dan embusan angin yang pas.

Rutinitas rekreasi hebat ini dapat Anda cicipi dengan manfaatkan layanan persewaan alat paralayang yang tersedia banyak di sini. Biaya kontraknya juga cukup beragam bergantung tipe paket yang diambil. Umumnya, alat paralayang dikontrakkan dengan biaya dimulai dari Rp 400 ribu.

6. Memperhatikan Budidaya Rumput Laut

Pantai Pandawa bukan hanya dipakai untuk maksud rekreasi dan olahraga air, di seputar ini persisnya disamping barat Pantai Pandawa ada budidaya rumput laut yang dikerjakan oleh masyarakat setempat.

Di situ Anda bisa saksikan secara langsung aktivitas beberapa petani rumput laut yang bekerja mengikat bibit, menanam, sampai menjemur rumput laut.

Bahkan juga, pelancong dikasih peluang untuk turut mengenali dan pelajari langkah budidaya rumput laut. Rutinitas ini pasti menjadi pilihan rekreasi edukasi yang membahagiakan waktu Anda berlibur di Bali.

7. Rileksasikan Badan dengan Pijat Refleksi di Pinggir Pantai 

Sekalian santai nikmati panorama pantai yang cantik, Anda bisa menganakemaskan badan dengan mencoba layanan tukang pijat tradisionil yang banyak dijajakan oleh warga lokal.

Biayanya juga beragam, bergantung tipe service yang dipilih. Umumnya dimulai dari Rp 40 ribu sampai Rp 130 ribu, Anda bisa rasakan nikmatnya dipijat untuk mengendurkankan badan.

Kecuali pijat refleksi badan, beberapa tehnik pijat yang lain dijajakan di seputar tempat ini, seperti pijat ciri khas Bali, pijat Pandawa, pijat refleksi kaki, pedikur, dan manikur.

8. Memburu Barang Kerajinan Unik untuk Oleh-olehan

Berekreasi tidak komplet rasa-rasanya tiada belanja oleh-oleh. Di seputar teritori Pantai Pandawa tersedia banyak toko yang menawarkan barang oleh-olehan ciri khas Bali, seperti baju, kain, beberapa barang seni, dan kerajinan-kerajinan unik ciri khas Bali.

Harga juga relatif dapat dijangkau, bahkan juga jika Anda pandai menawar dapat memperoleh harga terjangkau waktu belanja di toko seputar Pantai Pandawa.

Sarana Rekreasi di Pantai Pandawa

Nah, bagaimana dengan bermacam rutinitas rekreasi yang sudah kami sebut di atas, tentu saja membuat Anda semakin berminat untuk berkunjung Pantai Pandawa kan?

Buat mendukung kenyamanan pengunjung dalam melakukan aktivitas di Pantai Pandawa, faksi pengurus telah sediakan bermacam sarana pendukung yang komplet, dimulai dari tempat parkirkan, kamar mandi, sampai rumah makan.

Bila Anda berminat untuk liburan ke Pantai Pandawa, janganlah lupa untuk merencakannya semenjak jauh hari. Anda dapat memakai layanan paket rekreasi jika pengin berlibur ke Bali dengan ongkos yang lebih irit. Selamat liburan!