Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wisata Pantai Tanah Lot Bali

pantai-tanah-lot

Pantai Tanah Lot Bali

Pulau Bali mempunyai banyak tempat wisata memikat buat didatangi, tetapi ada empat tempat rekreasi di Bali yang sering jadi acuan pariwisata pulau Bali. Seperti, pantai Kuta, Pura Uluwatu, pura Tanah Lot dan Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali. Sebab anda menyaksikan halaman ini, saya percaya anda sekarang ini sedang berencana liburan ke Tanah Lot Bali. Pada halaman ini, saya akan tuliskan segala hal yang penting anda kenali saat sebelum berlibur ke tempat wisata Tanah Lot Tabanan Bali.

Daya Tarik Tanah Lot Bali

Apa yang memikat pada tempat wisata pura Tanah Lot Bali hingga banyak didatangi pelancong Indonesia waktu liburan ke pulau Bali? Jawabnya ada dua, yakni keelokan dan kekhasan.

Kekhasan Object Rekreasi Tanah Lot Bali

Kekhasan tempat wisata Tanah Lot ada pada posisi dua pura yang ada di atas tebing batu karang hitam yang ada dipesisir pantai. Ke-2 pura menghadap ke lautan terlepas samudra Hindia.

Satu pura dibuat di atas batu karang hitam sama ukuran besar sekali dan ada di pinggir pantai samping kiri. Pura ini lebih dikenali bernama pura Tanah Lot. Di saat pasang, air laut akan tutup tempat pantai dan membuat posisi pura Tanah Lot nampak ada ditengah-tengah lautan. Peristiwa air laut pasang ini seperti terlihat satu kapal yang dibuat dari batu besar warna hitam terapung di atas air laut.

Sedang pura yang ke-2 ada di tepi tebing karang, yang ada di tengah-tengah laut disamping kanan teritori pantai Tanah Lot. Di bawah tebing karang pada posisi pura ke-2 ada lubang besar, yang terus dilalui oleh gelombang ombak besar.

Keelokan Panorama Sunset Tanah Lot

Keelokan tempat rekreasi pura Tanah Lot ada pada kombinasi keelokan alam yang bersatu dengan keindaahan budaya. Ketika anda berlibur ke Tanah Lot di pulau Bali, anda akan menyaksikan deruan ombak terjang tebing batu karang. Mendekati matahari tenggelam, sedikit-demi sedikit warna langit berbeda menegangkan disanggupi beragam-ragam warna.

Waktu matahari tidak nampak kembali di cakrawala, ialah waktu panorama sunset paling indah di Tanah Lot. Sebab kecuali pengunjung bisa menyaksikan sunset, pengunjung akan menyaksikan siluet pura Tanah Lot. Keelokan event waktu matahari tenggelam di Tanah Lot berikut yang terus memancing ketertarikan lawatan pelancong liburan ke Tanah Lot Bali.

Riwayat Singkat Pura Tanah Lot Tabanan

Riwayat Pura Tanah Lot Tabanan di kabupaten Tabanan diprediksi dibuat pada era ke-16 dengan seorang pendeta dari Kerajaan Majapahit namanya Dang Hyang Nirartha. Kabarnya, di saat Dang Hyang Nirartha berkunjung pantai dibagian selatan pulau Bali, dia menyaksikan satu batu karang besar yang ada di bibir pantai di dusun Beraban, kabupaten Tabanan.

Selanjutnya Dang Hyang Nirartha memperoleh wahyu jika di atas batu karang ialah tempat suci yang bisa dipakai selaku posisi pura. Arah dari pembangunan pura Tanah Lot untuk memuja Dewa Baruna (Dewa Laut).

Makna Nama Tanah Lot

Kemungkinan beberapa dari anda yang ingin tahu, apakah arti nama Tanah Lot dengan bahasa Indonesia.

Tanah di definisikan daratan/tanah, Lot berarti laut, jadi Tanah Lot bermakna daratan yang ada ditengah-tengah laut. Satu bangunan pura Hindu berdiri di atas batu karang besar pada bibir pantai. Sesuai nama tempatnya, pura itu dinamakan pura Tanah Lot.

Pura Tanah Lot Bali

Foto By Malorie Hibon Untuk anda yang kerap berlibur ke tempat rekreasi pura di Bali, anda pasti menyaksikan tatanan letak pura Tanah Lot sedikit berlainan dengan tatanan letak pura yang lain di pulau Bali. Hal yang membuat tatanan letak pura Tanah Lot berlainan dengan tatanan letak pura yang lain di Bali sebab posisi pura yang ada di atas batu karang.

Sebab pura Tanah Lot ada di atas batu karang ditengah-tengah laut, membuat luas posisi untuk membuat pura tidak besar, dan wujud batu karang yang pasti tidak beraturan. Agar bisa penuhi standard pembangunan pura di Bali, karena itu di dalam tempat pura Tanah Lot ada banyak tempat penyembahan yang dibangun berdasar elemen jenjang sama proses tatanan letak pura di Bali pada umumnya.

Tempat suci untuk umat Hindu di Bali yang paling dijaga kesakralannya, tidak seluruhnya orang yang tiba dibolehkan masuk di area pura. Cuman mereka yang punyai arah untuk sembahyang, diizinkan masuk di area dalam pura Tanah Lot dan harus memakai baju sembahyang. Bila air sedang pasang, untuk ke arah teritori pura Tanah Lot, harus naik perahu. Sebab air lautnya melewati 2 mtr. dibandingkan di saat kering seputar 0,5 mtr. atau tanpa air..

Waktu Upacara Di Pura Tanah Lot Bali (Piodalan)

Tiap pura di Bali dihari spesifik akan diselenggarakan upacara besar, tidak kecuali di pura Tanah Lot Beraban. Upacara keagamaan di Pura Tanah Lot di kerjakan dalam masa 210 hari memakai kalender Bali, atau seputar enam bulan kalender masehi.

Penentuan hari upacara di pura Tanah Lot pada kalender Bali dilakukan pada Buda Wage Langkir yang jatuh tiap empat hari sesudah hari Raya Kuningan. Upacara di pura Tanah Lot diselenggarakan sepanjang tiga hari agar menampung umat Hindu yang pengin bersembahyang di pura Tanah Lot.

Tiap umat Hindu yang pengin sembahyang di pura Tanah Lot, di wajibkan lebih dulu untuk sembahyang di posisi mata air suci yang ada di bawah posisi pura Tanah Lot. Posisi mata air suci ini disebutkan oleh warga lokal bernama Beji Kaler.

Arah bersembahyang di posisi mata air suci Beji Kaler, supaya umat Hindu saat sebelum masuk tempat pura khusus, memperoleh air suci yang akan dipakai untuk bersihkan raga mereka dan jiwa.

Jam Membuka dan Waktu Terhebat Bertandang Ke Tanah Lot Bali

Foto By bckfwd Tempat wisata pura Tanah Lot Bali membuka tiap hari dari jam 07:00 – 19:00. Berkenaan waktu terhebat bertandang ke pura Tanah Lot, tiap pelancong akan mempunyai persyaratan berlainan akan arah berlibur. Ada yang mencintai berlibur ke Tanah Lot waktu teritori belum ramai dengan lawatan wisatawan. Ada pula pelancong yang mengutamakan agar bisa menyaksikan panorama sunset.

Persyaratan yang anda lebih senang? Karena itu jawaban berkenaan waktu terhebat berlibur ke Tanah Lot akan berbeda.

Tidak Senang Keramaian

Bila anda tidak senang keramaian, karena itu waktu terhebat berlibur ke Tanah Lot ialah pada pagi hari saat sebelum jam 10:00. Sebab sesudah jam 10:00, tempat wisata Tanah Lot akan semakin ramai dengan lawatan wisatawan.

Bila anda tidak mau berlibur waktu Tanah Lot ramai dengan lawatan pelancong, dan masih pengin menyaksikan panorama Tanah Lot. Karena itu waktu terhebat berlibur ke Tanah Lot waktu musim sepi lawatan pelancong di pulau Bali. Musim sepi lawatan pelancong di Bali berlangsung di bulan tengah bulan Januari sampai bulan April. berlangsung di bulan September sampai akhir November.

Pengin Menyaksikan Keelokan Sunset Tanah Lot Bali

Jika anda pengin menyaksikan keelokan panorama sunset pura Tanah Lot, yang untuk saya benar-benar cantik. Karena itu waktu terhebat bertandang seputar jam 17:00 – 17:30. Sebab bentang kurun waktu matahari tenggelam di Bali berlangsung di antara jam 17:40 – 18:25.

Tetapi dengan berkunjung pura Tanah Lot di saat mendekati sunset, karena itu anda harus siap dengan ramainya lawatan pelancong mendekati sunset di Tanah Lot.

Jika anda saat sebelum sunset di Tanah Lot pengin jalanan seputar teritori rekreasi Tanah Lot Bali, karena itu sebaiknya anda datang lebih cepat seputar jam 16:30.

Pengin Menyaksikan Lebih Dekat Baru Karang Besar Di Bawah Pura

Jika anda pengin dekati teritori batu karang di bawah pura Tanah Lot, posisi dari ular suci. Karena itu waktu terhebat bertandang ke Tanah Lot ialah waktu air laut surut. Pengunjung cuman bisa berjalan dan dekati tempat batu karang bila air laut surut.

Anjuran saya, jangan sampai coba dekati tempat batu karang, bila berlangsung pasang air laut. Sebab anda tidak pernah mengetahui kapan ombak besar akan datang.

Posisi Object Rekreasi Tanah Lot Bali

Posisi tempat wisata Tanah Lot, ada di Dusun Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Umumnya pelancong yang pengin berlibur ke pura Tanah Lot pada pagi hari di hari yang serupa, akan berkunjung tempat rekreasi Bedugul Bali, selanjutnya sawah terasering Jatiluwih dan diteruskan ke pura Tanah Lot.

Untuk mempermudah anda mendapati posisi dari Tanah Lot Temple Bali di Google Map.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Wisata Pantai Tanah Lot, semoga bisa menambah wawasan anda. Terimakasih sudah berkunjung...