Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wisata Pantai Pulau Menjangan Bali Barat

pulau-menjangan
Wisata Pantai Pulau Menjangan

 Bali benar-benar simpan berjuta daya tarik untuk siapa yang mengunjunginya. Dimulai dari rekreasi alam, rekreasi budaya, sampai rekreasi religius, seluruh ada di sini. Tetapi kadang untuk beberapa orang yang menyukai traveling, Pulau Bali berasa menjemukan hanya karena spot-spot spesifik yang didatangi.

Pulau Menjangan

Eits, siapa kira bila rupanya Bali masih mempunyai satu surga terselinap yang tawarkan pemandangan mengagumkan untuk Anda. Surga ini ialah Pulau Menjangan. Satu pulau yang benar-benar alami dengan spot diving yang super amazing.

Posisi

Menjangan sebagai keunikan Pulau Menjangan Pulau menjangan berada di samping utara teritori Taman Nasional Bali Barat. Persisnya di Dusun Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, atau seputar 60 km dari Lovina. Anda akan tempuh perjalanan lebih kurang 3 jam dari pusat rekreasi Kuta dan 4 jam perjalanan dari Denpasar.

Akses dan sarana

Air jernih kebiruan yang fresh di Pulau Menjangan Untuk Anda yang pengin nikmati keelokan pulau ini harus terlebih dahulu terbang ke pulau Bali. Anda bisa manfaatkan ticket promosi maskapal penerbangan yang ada.

Dari Denpasar, Anda dapat ambil jalur Denpasar – Tabanan – Selemadeng – Pupuan – Seririt – Menjangan. Dalam waktu pintas seputar 4 jam perjalanan, Anda akan disajikan panorama hijaunya sawah ciri khas Bali dan laut yang biru.

Dianjurkan untuk Anda untuk sewa mobil dan pengemudinya supaya mempunyai waktu bersenang-senang lebih lama. Tetapi untuk Anda yang pengin memakai angkutan umum, bisa mengawali perjalanan dari Gilimanuk.

Untuk capai pulau ini, Anda harus seberang dengan kapal motor (boat) sepanjang 30 – 45 menit dari Dermaga Lalang. Sepanjang perjalanan kelak Anda akan disajikan oleh panorama gunung api di Jawa Timur sampai Prapat Agung yang dipadankan dengan laut biru jernih. Di Dermaga Lalang, sarana yang disiapkan telah komplet, seperti restaurant, pondokan, bar, dan ada banyak lagi.

Di Dermaga Lalangan telah ada bermacam paket diving lengkap yang dapat Anda tentukan sama anggaran. Harga paket ini terbagi dalam sewa kapal boat + guide + asuransi + sewa perlengkapan snorkeling. Ada paket rekreasi ini benar-benar memberikan keuntungan untuk Anda sebab nanti Anda tak perlu dipusingkan dengan kepentingan tawar menawar.

Perincian harga yang dibanderol umumnya untuk sewa kapal di antara 400.000 – 600.000 Rupiah /hari. Untuk perlengkapan snorkeling per orang ialah 40.000 – 50.000 Rupiah. Harga ticket masuk 2.500 Rupiah per orang, sedang untuk asuransi, tiap orang dikenai ongkos 4.000 Rupiah. Bila pengin memakai layanan pemandu, Anda harus keluarkan dana sejumlah 100.000 Rupiah per kelompok. Sewa kapal dapat tambah murah bila Anda sewa kombinasi dengan pelancong lain.

Bila Anda pengin bermalam di posisi paling dekat dengan pulau ini, ada banyak pondokan dan resor yang bisa Anda buat jadi opsi, seperti The Menjangan Resor, Mimpi Resor Menjangan, Taman Sari Bali Resor and Spa, dan Pondok Sari Beach dan Bungalow Resort. Dari ke-4 pondokan dan resor ini yang mempunyai sarana paling komplet ialah The Menjangan Resort.

Sepintas mengenai Pulau Menjangan

Nikmati cerahnya hari di Pulau Menjangan Pulau ini ialah pengertian prima dari keelokan pemandangan bawah laut dengan bentangan pasir putih yang natural serta keberagaman hayati laut yang paling berlimpah.

Kenapa disebutkan Pulau Menjangan? Kata "menjangan" berawal dari bahasa Jawa yang berarti rusa atau kijang. Tiap musim semi banyak temanan rusa liar yang berenang ke pulau ini dalam jarak menempuh 1,2 mil. Di pulau ini ada beberapa rusa liar yang makin lama banyaknya makin menurun. Hingga pemerintahan membuatnya selaku Taman Nasional Bali Barat. Ini adalah usaha pemerintahan untuk membuat pelestarian buat jaga kelestarian rusa dan keberagaman hayati yang berada di pulau ini.

Apa yang dapat dikerjakan?

Berenang di Pulau Menjangan bisa saja aktivitas yang membahagiakan Apalagi yang bisa Anda kerjakan di tempat rekreasi ini kecuali diving dan snorkeling? Pulau Menjangan populer dengan wall-divingnya. Wall-diving adalah tipe aktivitas menyelam pada kedalaman dengan mengikut jalur tebing bawah laut. Tebing bawah laut di Pulau Menjangan mempunyai kedalaman 20 sampai 60 mtr., bahkan juga lebih.

Walau populer dengan wall diving-nya, Pulau Menjangan mempunyai banyak terumbu karang dengan kedalaman mulai 10 meter. Anda akan mendapati banyak ikan tipe gorgonial fanfish di sini. Keadaan perairan di sini cukup tenang hingga jarak pandang Anda dapat capai 50 mtr. di keadaan cuaca spesifik.

Pulau Menjangan dikitari oleh terumbu karang dengan bermacam wujud dan skema. Skema bebatuan karang sedalam 60 mtr. ini membuat gua kecil dan gua-gua besar yang mempunyai peranan selaku habitat terumbu karang seperti karang lunak, kerapu belut moray, dan besar. Dalam gua-gua kecil ini nanti Anda akan mendapati kakap kecil dan batfish yang berenang hulu mudik.

Landasan laut pulau ini kaya spesies barrel sponges dan sea penggemar sama ukuran yang paling besar. Di posisi kedalaman ini adalah tempat hidup untuk spesies tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu hiu, dan laut. Amazing kan? Beberapa spot populer untuk diving yang kerap jadi posisi menyelam di Pulau ini ialah:

Eel gardens

Eeel gardens ialah spot diving yang berada dibagian barat Pulau Menjangan. Spot ini kerap dikatakan sebagai spot diving terhebat di Pulau Menjangan. Di spot ini ada banyak kelompok garden eel dan sea penggemar, sesuai nama spotnya. Diving akan diawali pada kedalaman dinding karang seputar 40 mtr. yang kaya gorgonia dan biota laut lainnya.

Secret Bay

Keelokan alam bawah laut Pulau Menjangan Secret Bay ialah posisi yang pas untuk Anda beberapa pencinta macro diving sebab di posisi ini perairan cukup dangkal dengan bermacam terumbu karang dan mempunyai pasir berlumpur di landasan lautnya. Di pasir vulkanis ini hidup bermacam biota laut yang epidemik dan sangat jarang. Posisi ini ialah posisi yang benar-benar natural serta sedikit tersentuh.

Cukup dengan kedalaman 10 mtr., Anda dapat mendapati nudibranch, frogfish, shrimpfish, seahorses, dragonets, pipefish, lionfish, udang laut, belut pita dan ada banyak kembali spesies lainnya. Tetapi bila Anda pengin nikmati keelokan spesies-spesies itu harus menyelam di saat yang tepat.

Saat yang disarankan ialah waktu gelombang tinggi dan sirkulais bulan ada pada status yang pas pula. Benar-benar dianjurkan untuk Anda untuk memakai baju selam (wetsuit) yang baik sebab temperatur air di sini dapat lebih dingin dibanding perairan Bali lainnya.

Anchor Wreck

Anchor Wreck ialah posisi diving yang disarankan untuk beberapa penyelam yang sudah cukup profesional dan eksper. Dengan kedalaman seputar 45 mtr., posisi ini tawarkan kekhasan bangkai kapal yang sudah berkarat komplet dengan jangkarnya. Menurut warga luas, kapal ini ialah kapal laut Belanda yang terbenam pada era ke- 19 waktu Perang Dunia II.

Kapal ini dikatakan sebagai Kapal Anker atau Kapal Budak, sebab diperhitungkan kapal ini mengusung budak dari Bali ke arah Jakarta. Bila Anda menyelam ke kapal ini, Anda akan mendapati peti dengan isi perabot-perabot keramik yang sudah banyak karang lunak dan penyu bahkan juga hiu yang lagi berenang.

Panduan berkunjung Pulau Menjangan

Waktu terhebat untuk berkunjung pulau ini ialah di antara bulan April sampai November. Sebab pulau ini ialah pulau yang tidak berpenghuni, seharusnya Anda bawa bekal minuman sendiri dan makanan. Janganlah lupa bawa obat, pakaian tukar dan sunblock.

Saat sebelum memilih untuk diving atau snorkeling janganlah lupa untuk mempersiapkan perlengkapan-peralatan yang memberikan dukungan rutinitas itu ditambah dulu. Perlengkapan diving dan snorkeling bisa Anda sewa di resor paling dekat saat sebelum seberang di pulau ini.

Dianjurkan untuk Anda untuk bermalam tadi malam di sini, sebab saat yang Anda butuhkan untuk mengemudi pulang ke Denpasar seputar 7 jam. Penting untuk Anda kecuali bawa perbelakan sendiri, bawa kantong plastik spesial untuk pakaian kotor dan untuk sampah minuman dan makanan Anda. Janganlah sampai keelokan pulau ini terkontaminasi oleh sampah kita sendiri.