Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wisata Kintamani, Bukti Keindahan Pulau Bali

Wisata Kintamani

 Posisi Wilayah wisata Kintamani yang terletak di daratan tinggi tawarkan keelokan alam dengan nuansa cuaca sejuk. Kecuali udaranya yang fresh, ada object wisata favorite yang banyak didatangi oleh beberapa pelancong lokal atau luar negeri.

Image via: tripadvisor.com


Teritori Kintamani kurang lebih memiliki jarak 2 jam perjalanan dari Kota Denpasar. Dilakukan dalam jarak 68 km dari denpasar atau kuta. Kintamani mempunyai panorama teritori pegunungan yang ada pada ketinggian 1.500 m dari permukaan laut.

Object wisata kintamani dikuasai oleh wisata alam. Tetapi Kintamani punyai wisata budaya, riwayat, serta museum Sains tingkat Dunia.


9 Spot Wisata Kintamani

1. Penelokan Kintamani 

Daya magnet tempat wisata kintamani ini memiliki view alam gunung Batur dengan danau nya. Ada pada ketinggian 1500 mdpl panorama ini disaksikan dari jalan Raya Penelokan samping selatan dusun Batur tengah Kecamatan Kintamani.

Di saat ada di sini tentu saja jangan sampai melepaskan untuk berpose dengan latar Gunung Batur komplet dengan danaunya. Disamping itu beberapa pengunjung akan dimanja dengan sarana pendukung yang ada cuckup komplet. Dimulai dari toilet yang tenteram dan bersih sampai restaurant yang menyediakan sajian-hidangan sedap yang unik.

2. Danau Batur

Danau Batur ini berada di Dusun Penelokan Utara memiliki jarak 10 km atau 25 menit turun dari Penelokan atas yang umum jadi tempat wisata kintamani bali atau setop point-makan siang. Ada di lereng Gunung Batur danau ini berupa bulan sabit bila dipandang dari ketinggian.

Danau ini sesungguhnya ialah Kaldera aktif danau batur. Danau ini ialah kaldera aktif yang paling indah di dunia, dengan luasan capai 16,6 km persegi. Danau Batur Kintamani adalah danau paling besar yang berada di pulau Bali dan danau kaldera terluas ke-2 di Indonesia sesudah Danau Toba di Sumatera Utara.

Sejumlah besar pelancong yang bertandang ke wisata kintamani tentunya cuman bisa menyaksikan panorama danau dari ketinggian atau dari restaurant yang ada di dusun penelokan. Tetapi ada pula pelancong asing atau lokal yang pengin berkeliling-keliling di tengah-tengah danau Batur dengan sewa perahu, pengambilan foto photo pre wedding atau berkunjung dusun trunyan.

3. Gunung Batur

Kecuali mendatangkan panorama alam yang mempesona, siapa kira bila gunung Batur memilki satu narasi bagus yang jadi daya magnetnya. Dalam Lontar Susana Bali disebut bila gunung Batur ini adalah pucuk dari gunung Mahameru yang dipindah Si Batara Pasupati untuk jadi Sthana Betari DAnuh atau Istana Dewi Danau.

Di lain sisi, tempat wisata gunung ini adalah tempat wisata yang paling disukai oleh beberapa pendaki. Biasanya beberapa pendaki tiba ke gunung ini dengan arah untuk melihat peristiwa terbitnya matahari dari permukaan laut. Begitupun dengan bentangan batu-batuan hitam sisa letusan di wisata kintamani ini, benar-benar bagus sekali jadi posisi pengambilan foto photo pre wedding.


4. Dusun Trunyan

Dusun Trunyan adalah tujuan wisata kintamani yang paling unik. Dusun trunyan ialah satu dusun yang ditempati oleh warga asli pulau Bali yang umum disebutkan "Bali Aga" dengan faktor kekhasan budayanya.

Makna nama dari Dusun Trunyan dipisah jadi ke dalam dua kata yakni "Taru" dan "Menyan". Taru ialah "Pohon" atau Tumbuhan kehidupan sedang Menyan adalah "aroma". Jadi, makna kata Trunyan ialah aroma yang wangi yang keluar dari pohon menyan.

Di saat ada di dusun ini pengunjung akan mendapai hal yang cukup unik yaitu ritus yang dikerjakan ke orang yang sudah wafat. Orang yang wafat tidak dipendamkan tetapi akan dibaringkan atau ditempatkan di bawah pohon besar namanya taru menyan.


5. Toya Bungkah 

Di object wisata kintamani ini pengunjung dapat nikmati kesan merendam dan mandi di pancuran air panas yang bersuhu di antara 29 s/d 39 derajat celcius. Dari Toya Bungkah kintamani ini, pengunjung bisa menyaksikan panorama danau batur lebih dekat sama bentangan air danau yang biry pas di muka mata.

Permandian Toya Bungkah Kintamani ada 4 tipe kolam. Kolam air panas ditujukan untuk beberapa anak dengan kedalaman kolam tidak lebih dari 80 cm. Kolam Alami Terapi Hot Spring Water dengan temperatur air seputar 38°– 40° Celcius. Kolam Floating Sunburn ditujukan untuk yang menyukai merendam sekalian berjemur. Dan yang paling akhir Kolam Umum untuk Berenang.


6. Toya Devasya 

Tujuan wisata pemandian air panas ini masihlah ada di teritori Toya Bungkah, di pinggir danau Batur Kintamani. Air panas alam yang keluar dari perut gunung Batur dimuat di kolam pemandian Toya Devasya selanjutnya ke arah danau Batur.

Toya Devasya jadi pemandian air panas terhebat, paling hits dan terkenal di pulau Bali. Benar-benar di pemandian ini disiapkan sarana dan fasilitas yang lebih komplet dibanding tempat yang lain, seperti sarana piknik air waterbom air panas dan yang terkini ialah piknik watersport di danau Batur.

Di Toya Devasya ada 1 biji kolam renang besar dan 7 kolam kecil, tempat bermain untuk beberapa anak, berikut diperlengkapi dengan beberapa buah pancuran air panas. Wisata kintamani Toya Devasya sediakan resort untuk tempat anda bermalam.

Wisata kintamani ini sediakan fasilitas kemah atau kemping, hingga anda dapat bersatu dengan alam Kintamani merasa sejuk di siang hari dan dinginnya malam dan udara yang bersih dan jauh dari pencemaran.


7. Pura Ulun Danu Batur 

Walau letak Pura Ulun Danu Batur bukan di tepian danau, tetapi rupanya di saat ada di posisi ini pengunjung bisa melihat cantiknya panorama danu Batur dan Gunung Batur. Pura ini berada di samping utara dari kintamani penelokan, berada di dusun kalanganyar kecamatan kintamani bangli.

Pengunjung dengan minat pada objek-objek wisata seni arsitektur berharga riwayat akan berasa suka ada di wisata kintamani berbentuk pura tempat suci umat hindu bali ini. Di lain sisi, kabarnya pura ini dahulunya ada di lereng barat daya gunung batur tetapi pada tahun 1917 gunung batur meletus yang merusak area pura itu.


8. Dusun Bayung Gede 

Sama seperti dengan dusun trunyan yakni tradisinya yang benar-benar terbangun. Yang membandingkan ialah langkah penguburan orang yang sudah wafat. Bila mayat itu sejenis kelamin wanita, maka dipendamkan dengan status telentang dan menghadap langit, kebalikannya untuk lelaki akan dipendamkan dengan tengkurap.

Warga di tempat memandang bila wanita adalah bumi hingga harus menghadap langit dan begitupun kebalikannya dengan lelaki. Disamping itu, di dusun inipun ada keuburan spesial memendam ari-ari bayi di mana ari-ari itu akan digantung pada pohon dengan memakai tempat batok kelapa dan digantung pada suatu pohon.


9. Museum Vulkanologi Kintamani

Ada tiga pilar geopark yang ditampilan oleh museum ini yakni keberagaman hayati (biodiversity), keberagaman geologi (geodiversity), dan keberagaman bentuk budaya (cultural diversity). Di lobby khusus ada diaroma gunung batur yang didatangkan dalam versus miniaturnya yang berupa persegi.

Selanjutnya , di lantai dua ada ruang keberagaman hayati, keberagaman budaya, dan ruang auditorium. Khususu untuk ruang auditorium pengunjung bisa melihat bermacam film dokumenter berkenaan gunung api dan geopark.

Begitu penjelasan kami berkenaan 9 posisi wisata Kintamani Bali ini. Mudah-mudahan artikel ini berguna untuk anda untuk pilih alternatife object wisata yang ada di kintamani bali ini.