Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

11 Pura di Bali Terindah dan Populer

11 Pura di Bali Terindah dan Populer

Pura di Bali

Wisata Pura di Bali - Menelusuri pura di Bali adalah rutinitas yang dapat membuat berlibur di Pulau Dewata berasa lebih berarti. Bila kamu yang sejauh ini terus habiskan waktu di Bali dengan memburu kulineran, santai dibeach bar, atau nikmati rekreasi malam ala-ala Bali, berikut waktunya untuk rasakan Bali yang lebih utuh dengan menelusuri berpura-pura di Bali yang penuh nilai religius.

Sebab sebagian besar warga Bali adalah penganut agama Hindu, tidaklah aneh ada beberapa pura di Bali yang dapat ditemui. Tetapi, antara bermacam pura di Bali itu, berikut rekreasi pura di Bali yang terpopuler akan keelokan yang dipunyainya!

Tujuan Wisata Pura di Bali Paling indah

1. Pura Lempuyang Luhur


Dibuat pada era kedelapan, Pura Lempuyang Luhur berdiri di atas ketinggian 1.175 mtr. di permukaan laut. Lumrah bila pura Bali ini adalah salah satunya yang paling tinggi dan paling tua di Pulau Dewata. Pura Bali ini dibuat selaku persembahan ke Dewa Si Hyang Widi Wasa.

Tahukah kamu bila di bumi ini cuman ada 6 pura yang dibuat untuk Dewa Si Hyang Widi Wasa, dan diantaranya ialah Pura Lempuyang.

Berkunjung Pura Lempuyang tidak cuma dapat membuat kamu berasa lebih dekat sama Si Pembuat, tapi bisa juga melihat langsung keelokan alam yang sudah dibuat oleh-Nya. Dibagian pucuk pura Bali satu ini, kamu dapat merasakan gapura tinggi yang seakan mengapit Gunung Agung, loh. Keelokannya sudah jadikan Pura Lempuyang populer di kalangantravelerinternasional.

Baca Juga: Pura Lempuyang, Surga di Pulau Dewata

2. Pura Agung Besakih

Berada di Dusun Besakih, Karangasem, Pura Agung Besakih pantas jadi tujuan rekreasi pura di Bali yang harus kamu datangi. Diperlengkapi 18 pura pengiring, Pura Agung Besakih adalah pura paling besar di Bali lho. Jadi, kamu akan memerlukan saat yang lama untuk dapat betul-betul menelusuri keseluruhnya teritori salah satunya pura paling indah di Bali ini.

Dalam kompleks Pura Agung Besakih ada satu pura pusat yang berdiri istimewa, yakni Pura Penataran Agung. Untuk dapat meraihnya, kamu harus naiki jejeran anak tangga yang lumayan banyak. Tenang, seluruh usaha ini akan terbayar demikian kamu sampai di pucuk kok! Satu kembali, janganlah lupa untuk berkunjung Pura Pengubengan yang ada di lereng Gunung Agung sebab panoramanya yang mengagumkan.

3. Pura Saraswati


Pura Saraswati ini berada di Ubud dan dibuat selaku penghormatan ke Dewi Saraswati, dewi ilmu dan pengetahuan dan seni. Sama arah itu, Pura Saraswati dibuat cantik adanya kolam air berisi beberapa ribu bunga teratai. Dinding-dinding Pura Saraswati dihias oleh ukir-pahatan-ukiran dari beberapa seniman Bali, loh. Jadi, tujuan rekreasi pura di Balisatu ini mempunyai nilai seni yang tinggi sekali.

4. Pura Uluwatu


Pura Uluwatu adalah salah satunya pura paling populer di Bali. Pura ini dibuat di atas satu tebing setinggi 70 mtr. yang bersebelahan langsung dengan lautan biru. Deburan ombak yang selalu temani membuat lawatan ke tujuan rekreasi pura di Bali ini berasa lebih unik. Waktu terhebat untuk menelusuri keelokan dari pura Bali satu ini ialah mendekati matahari tenggelam, sebab pemandangan sunset yang diberi sangat memikat.

Disamping itu, di teritori Pura Uluwatu terdapatamphithatreyang kerap dipakai untuk atraksi Sendratari Ramayana maupun Tari Kecak. Atraksi budaya ini tentu saja membuat waktu kunjunganmu ke Pura Uluwati makin tidak terlewatkan.

5. Pura Ulun Danu Bratan


Tujuan rekreasi pura paling indah di Bali seterusnya berada di teritori daratan tinggi Bedugul, yaitu Pura Ulun Danu Bratan. Pura Bali ini dibuat di pinggir Danau Bratan yang jernih, hingga atmosfer menentramkan langsung bisa kamu alami saat masuk kompleks pura ini.

Apa lagi pura di Bali ini dikitari oleh barisan pegunungan hijau berselimut awan putih yang mempesona. Menyaksikan keelokannya, lumrah sekali bila Pura Ulun Danu Bratan pernah menghias mata uang nasional. Masih ingat mata uang pecahan berapakah yang mempunyai gambar pura ini?

Untuk membuat pengalaman yang lebih hebat, pemerintahan di tempat sediakan perahu yang dapat kamu pakai untuk melingkari Danau Bratan lho. Ketarik pengin berkunjung tujuan rekreasi pura di Bali satu ini? Janganlah lupa persiapkan jaket sebab situasi di teritori Pura Ulun Danu Bratan ini cukup sejuk.

6. Pura Tanah Lot


Ke Bali rasa-rasanya kurang komplet bila tidak berkunjung Pura Tanah Lot. Pura di Bali satu ini dibuat di atas satu batu karang yang ada di terlepas pantai. Untuk dapat mendatanginya, kamu harus melalui bebatuan karang yang akan lenyap saat laut sedang pasang. Berikut yang membuat kesan-kesan berlainan dibandingkan berpura-pura di Bali yang lain.

Disamping itu, bukti jika Pura Tanah Lot didirkan di atas satu karang membuat berasa lebih mengagumkan, ingat pura di Bali ini dibuat pada era ke-15.

7. Pura Tirta Empul


Pura Tirta Empul berada di Kabupaten Gianyar. Pura di Bali ini berusia cukup tua sebab sudah dibuat pada era kesepuluh dan sekarang sudah dianggap selaku salah satunya peninggalan budaya nasional.

Satu perihal yang membuat arah rekreasi pura di Bali ini istimewa ialah ada mata air yang tetap mengucur sampai ke kolam pemandian. Di situ, kamu dapat mengikut ritus penyucian diri yang dikatakan sebagai melukat, loh.

Kecuali berkunjung kolam pemandian, kamu bisa juga berkunjung teritori yang dikatakan sebagai dalaman untuk istirahat. Teritori dalaman ini kerap dipakai untuk acara keagamaan oleh umat Hindu Bali.

8. Pura Taman Ayun


Sudah berumur lebih dari 4 era, pura yang dibuat pada 1634 ini populer akan kehadiran kolam teratai yang mengitarinya. Kecuali dapat nikmati situasi Pura Taman Ayun yang tenang, tidak jauh dari tujuan rekreasi pura di Bali ini kamu bisa juga berkunjung Museum Manusia Yadnya. Bermacam info tentang posesi upacara-upacara tradisi yang berada di Bali seluruh dapat kamu dapatkan di museum ini.

9. Pura Goa Lawah Klungkung


Sesuai namanya, pura di Bali seterusnya ini dibangun dalam suatu goa yang ditempati oleh kelelawar. Tidak perlu cemas berkunjung Pura Goa Lawah sebab kelelawar yang tidak menyerbu dan sudah jinak.

Selain keunikannya ini, Pura Goa Lawah adalah salah satunya pura yang perlu untuk warga Bali hingga jarang-jarang sepi dari pengunjung baik dari pelancong atau warga seputar.

10. Pura Goa Gajah


Tujuan rekreasi Pura di Bali seterusnya yang tidak kalah tarik ialah Pura Goa Gajah, salah satunya situs arkeologi dengan perjalanan riwayat yang panjang. Dibuat seputar era kesebelas, Pura berupa Goa dengan ukir-pahatan kepala gajah ini awalannya dipakai selaku tempat bermeditasi.

Bersisihan dengan Pura Goa Gajah, ada juga satu kolam pemandian dan Sungai Petanu yang mempunyai panorama tidak kalah tarik.

11. Pura Menjangan


Menjangan adalah salah satunya tujuan rekreasi di Bali yang populer selaku salah satunya tempat diving terhebat. Tetapi, di pulau yang memiliki jarak seputar 76 km dari Kota Singaraja ada Pura Segara Giri Dharma Kencana yang diketahui juyga bernama Pura Menjangan yang disakralkan. Salah satunya panorama paling iconic dari Pura Bali satu ini ialah patung Ganesha warna putih istimewa menghadap ke lautan terlepas.

Tetapi, tidak cuman Ganesha, di Pura ini ada tujuh titik sembahyang yang mencakup Pura Tirta Pingit Klenting Sari, Pura Pesraman Agung Brahma Ireng (Ratu Patih Keboiwa), Pura Pagoda Dewi Kwan Im, Pura Pendopo Agung Gadjah Mada (Hyang Wisnu Murti), Bhatara Lingsir Si Hyang Pasupatu, Pura Dalam Erlangga dan Dalam Waturenggong, dan baru penyembahan Ganesha dan Dewi Parwati.

Itu bermacam tujuan rekreasi pura di Bali yang prospektif pengalaman berlibur yang lebih berlainan. Rupanya, ada beberapa langkah untuk nikmati Bali kecuali berkunjung pantai-pantainya, bukan!